11 Oleh Oleh Khas Purwokerto yang Bisa Dibawa saat Mudik Lebaran

Siti Nur Aeni
28 April 2022, 11:19
Gethuk Goreng Sokaraja oleh oleh khas Purwokerto.
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Gethuk Goreng Sokaraja oleh oleh khas Purwokerto yang banyak disukai.

Purwokerto menjadi kota di Provinsi Jawa Tengah yang cukup banyak didatangi perantau. Banyak perantau yang datang untuk kuliah atau bekerja. Di musim mudik Lebaran seperti saat ini, sudah banyak perantau dari Purwokerto yang kembali ke kampung halamannya.

Salah satu tradisi yang masih dilakukan saat kembali ke kampung halaman saat yaitu membawa oleh-oleh khas dari perantauan. Jika Anda merantau di Kota Satria ini, ada beberapa oleh oleh khas Purwokerto yang bisa Anda beli. Berikut referensinya khusus untuk Anda.

Oleh Oleh Khas Purwokerto

1. Mendoan Kriuk

Mendoan merupakan makanan khas Purwokerto yang banyak disukai. Kini, terdapat inovasi olahan mendoan yaitu mendoan kriuk. Makanan ini juga termasuk oleh oleh khas Purwokerto kekinian yang banyak dicari.

Mendoan kriuk terbuat dari tempe yang digoreng tidak terlalu kering. Bedanya dengan mendoan biasa, mendoan kriuk terdapat kremes dari adonan tepung yang rasanya gurih. Makanan ini semakin nikmat jika dimakan bersama sambal kecap.

2. Keripik Tempe

Olahan tempe lainnya yang sering menjadi oleh oleh khas Purwokerto yaitu keripik tempe. Makanan ini memiliki tesktur yang renyah dan garing dengan rasa gurih. Keripik tempe bisa dikonsumsi langsung sebagai camilan atau dimakan sebagai lauk.

3. Gethuk Goreng

Selain makanan dari tempe, di Purwokerto juga ada makanan khas yang cocok menjadi buah tangan. Salah satunya yaitu gethuk goreng. Makanan ini terbuat dari singkong dan gula merah kemudian dibentuk menjadi bulat dan digoreng .

Gethuk goreng atau dikenal juga dengan nama gethuk Sokaraja memiliki rasa yang manis dan legit. Disebut gethuk Sokaraja karena makanan ini banyak diproduksi dan dijual di daerah Sokaraja. Salah satu yang paling terkenal yaitu gethuk Sokaraja H. Tohirin.

Jika ingin membelinya, Anda bisa mendatangi toko oleh-oleh disekitar Purwokerto, khususnya di sepanjang jalan Sokaraja. Harga makanan ini cukup terjangkau, Anda hanya bisa membeli mulai dari Rp15.000.

4. Klanting

Oleh oleh khas Purwokerto lainnya yang terbuat dari singkong yaitu klanting. Makanan ini umumnya memiliki rasa asin dan gurih, walaupun saat ini ada juga klanting yang rasanya pedas dan manis.

Keunikan dari makanan ini bisa dilihat dari bentuknya yang menyerupai angka delapan. Harga makanan ini juga sangat terjangkau. Anda bisa membelinya mulai dari Rp12.000 di pusat oleh-oleh Purwokerto atau pasar tradisional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...