8 Oleh Oleh Khas Lampung yang Bisa Dibeli Saat Liburan ke Lampung

Siti Nur Aeni
27 April 2022, 12:37
Pie Pisang salah satu oleh oleh khas Lampung
instagram.com/piepisangnadine/
Pie Pisang salah satu oleh oleh khas Lampung

Libur panjang sebentar lagi tiba. Banyak di antara kita yang sudah merencanakan aktivitas liburan. Salah satu daerah yang bisa menjadi destinasi wisata yaitu Lampung. Di sana ada berbagai pilihan tempat wisata Lampung yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Salah satu hal yang tidak luput dilakukan saat sedang berlibur atau mengunjungi sebuah tempat yaitu berburu oleh-oleh khas daerah tersebut. Saat Anda berkunjung ke Lampung, ada beberapa makanan yang bisa Anda beli sebagai oleh oleh khas Lampung. Apa saja jenisnya? Berikut daftarnya.

Daftar Makanan yang Menjadi Oleh Oleh Khas Lampung

1. Keripik Pisang

Lampung merupakan salah satu daerah penghasil pisang terbesar di Indonesia. Wajar jika banyak makanan yang dibuat dari bahan dasar buah pisang. Salah satu yang kemudian menjadi makanan khas Lampung yaitu keripik pisang.

Sebenarnya keripik pisang merupakan camilan yang umum dijumpai diberbagai daerah. Namun, keripik pisang khas Lampung berbeda dengan keripik pisang di daerah lain. Keripik pisang Lampung memiliki rasa dan tekstur yang khas.

Hal tersebut dikarenakan bahan baku pembuatannya berasal dari pisang ambon, bukan pisang kepok seperti keripik pisang pada umumnya. Tak hanya itu, keripik pisang khas Lampung juga memiliki rasa yang beragam, mulai dari cokelat, keju, durian, stroberi, hingga rasa balado.

2. Pie Pisang

Olahan buah pisang lainnya yang juga menjadi oleh-oleh khas Lampung kekinian yaitu pie pisang. Kue yang satu ini memiliki tesktur garing di luar dan lembut di bagian dalam. Selain itu, makanan yang satu ini juga memiliki berbagai varian rasa dan topping.

Pie pisang ini diketahui bisa bertahan 3 – 5 hari dalam suhu ruang. Biasanya makanan ini dijual per boks, dengan isi per boks sebanyak lima pie pisang yang rasanya berbeda. Harganya cukup terjangkau, untuk pie pisang kecil dijual dengan harga Rp5000 sedangkan untuk ukuran yang lebih besar, dibanderol dengan harga Rp8.500.

3. Browkis

Oleh-oleh khas Lampung kekinian selanjutnya yaitu Browkis atau brownies kulit pisang. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari kulit pisang sebagai bahan campurannya.

Tak usah risau, kulit pisang yang ditambahkan dalam makanan ini telah di proses sedemikian rupa sehingga tetap aman dikonsumsi dan rasanya juga enak. Jika ingin mencicipinya, Anda bisa datang ke Browkis House di Jalan M. Yunus Gang Sukawijaya No. 83, Kota Bandar Lampung.

4. Bejak Enjak

Bejak Enjak merupakan makanan tradisional Lampung dengan rasa manis dan gurih. Makanan yang satu ini mengandung banyak serat dan karbohidrat. Pasalnya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bejak Enjak, antara lain; gula, pisang raja, dan ketan putih. Setelah itu, adonan dibungkus dalam daun pisang dan dikukus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...