Manfaat Berjemur untuk Ibu Hamil Beserta Risikonya

Image title
4 Maret 2022, 13:42
Manfaat berjemur untuk ibu hamil.
Pexels.com/Leah Kelley
Manfaat berjemur untuk ibu hamil.

Berjemur merupakan aktivitas menyenangkan sekaligus menyehatkan, tak terkecuali bagi ibu hamil. Sebab, berdiri di bawah matahari pagi adalah salah satu cara alami untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D yang dapat menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem imun.

Namun demikian, berjemur bagi ibu hamil tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ibu hamil agar terhindar dari bermacam risiko berjemur di bawah matahari.

Manfaat Berjemur untuk Ibu Hamil

Manfaat berjemur untuk ibu hamil telah dibuktikan para peneliti di University of Edinburgh, Skotlandia. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa ibu hamil yang terpapar sinar matahari paling sedikit memiliki risiko 10% untuk melahirkan prematur.

Penulis studi tersebut, Sarah Stock, mengatakan sinar matahari menyebabkan pelepasan zat dari kulit yang mengendurkan pembuluh darah. Hal ini dapat membantu membentuk kehamilan yang sehat di dalam rahim.

Mengutip jurnal “Journal of Family Medicine and Primary Care”, ibu hamil yang kekurangan vitamin D dapat berakibat pada kelahiran prematur, preeklampsia, dan diabetes gestasional.

Oleh karena itu, selama masa kehamilan penting untuk mendapat sinar matahari yang cukup, setidaknya selama 10 menit dari lengan atau kaki yang terpapar sinar matahari antara jam 10 pagi dan 3 sore sehari.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil selama berjemur, yaitu:

1. Waktu Berjemur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas waktu berjemur yang baik untuk ibu hamil adalah di bawah jam 10 pagi. Sebaiknya hindari berjemur pukul 10 pagi hingga 3 sore.

Di samping itu, penting untuk membatasi durasi berjemur, yaitu sekitar 5-10 menit. Pasalnya, berjemur dapat meningkatkan suhu tubuh ibu dan janin. Jika kenaikan suhu tubuh ini terlampau tinggi dan berlangsung lama dapat berisiko menyebabkan kerusakan otak janin.

2. Minum Air

Peningkatan suhu tubuh saat berjemur dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk menghidrasi tubuh dengan rajin minum air putih terutama setelah berjemur.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...