9 Rekomendasi Makanan Khas Padang

Image title
21 Desember 2021, 15:30
Makanan khas Padang.
pixabay.com/DennyLubis
Makanan khas Padang.

Makanan khas Padang menjadi salah satu incaran para wisatwan ketika berkunjung ke kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatra ini. Rasanya yang unik dengan aroma yang menggugah mampu menggoda setiap pengunjung yang datang.

Dari sekian banyak makanan khas Padang, rendang merupakan hidangan yang cukup populer. Makanan berbahan utama daging sapi dibalut bumbu rempah ini biasanya menjadi lauk pendaping nasi putih hangat atau lalapan singkong.

Nama rendang merujuk pada lamanya waktu memasak daging hingga teksturnya menjadi empuk, kering, dan mengeluarkan aroma rempah yang kuat. Teknik memasak tersebut, menjadikan rendang punya cita rasa yang khas.

Makanan Khas Padang

Selain rendang, banyak kuliner khas Padang lainnya yang layak dicoba. Mengutip sumbarprov.go.id dan laman terkait lainnya berikut rekomendasi makanan khas Padang.

1. Sate Padang

Sate padang memiliki tiga varian dengan rasa yang berbeda, yaitu sate padang, sate padang panjang, dan sate pariman. Ketiganya dibedakan berdasarkan warna sausnya.

Selain itu, sate padang menawarkan pilihan bahan utama, yakni daging, lidah, atau jeroan sapi. Hidangan ini disajikan dengan bumbu kacang kental dan cabai yang membuat rasanya gurih, pedas dan lezat.

2. Soto Padang

Kuliner soto memang dikenal di berbagai wilayah di Indonesia. Masing-masing soto memiliki ciri khasnya, termasuk soto padang. Hidangan tradisional ini dibuat dari irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, sehingga terasa kenyal dan empuk ketika digigit.

Makanan yang satu ini biasanya disajikan bersama bihun dan perkedel kentang. Soto padang cocok disantap sewaktu masih hangat atau di kala udara dingin.

3. Dendeng Batokok

Kata batokok berasal dari bahasa Padang yang berarti memukul. Dinamai demikian karena dendeng ini dibuat dari daging sapi yang sudah direbus dengan bumbu, kemudian dipukul sampai pipih.

Proses memukul daging sapi itu dimaksudkan agar bumbu meresap ke dalam daging sehingga aroma dan rasanya semakin kuat.

4. Gulai Itiak

Makanan khas Padang ini berbahan dasar daging itik. Gulai itiak diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu sebelum dimasak. Adapun bumbu yang digunakan yaitu cabai kriting hijau, kunyit, laos, jahe, daun kunyit, jaun jeruk, dan daun salam.

hidangan yang dikenal dengan rasa pedasnya ini memiliki tekstur daging yang gurih sekaligus empuk.

5. Gulai Cancang

Gulai cancang memiliki aroma dan cita rasa pedas yang khas. Masakan ini dibuat dengan bahan utama daging kambing yang dipotong kecil-kecil. Namun, ada juga yang memotong daging dengan ukuran besar. Selanjutnya, olahan diberi santan dan cabai merah giling.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...