"Saya Tak Akan Ubah Keputusan Bailout Century"

Image title
Oleh
2 Mei 2014, 13:10
No image
KATADATA/
KATADATA

KATADATA ? Hari ini, Jumat, 2 Mei 2014, mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir sebagai saksi dalam persidangan kasus Bank Century dengan terdakwa mantan Deputi Gubernur BI Budi Mulya. Sebagai tokoh kunci dalam kebijakan bailout Century, Sri Mulyani menekankan bahwa kebijakan penyelamatan bank Century memang harus dilakukan. Sebab, yang diselamatkan bukan hanya bank bobrok itu, melainkan ribuan triliun aset perbankan.

Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana pertimbangan KSSK dalam mengambil kebijakan penyelamatan Bank Century, beberapa waktu lalu, Katadata melakukan wawancara singkat jarak jauh dengan Sri Mulyani yang kini menjabat sebagai Managing Director Bank Dunia dan bermukim di Washington D.C., Amerika Serikat.

Apa pertimbangan utama Menkeu dalam mengambil kebijakan bailout Century?

Tatanan logika dan urutan pendekatan dari sisi fungsi Menteri Keuangan sebagai Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yaitu mencegah dan mengendalikan krisis keuangan dan ekonomi. Karena itu, Menteri Keuangan akan melakukan langkah dan keputusan untuk mencapai tujuan atau amanat tersebut.

Langkah "ideal" adalah memberikan jaminan keseluruhan perbankan, karena suasana krisis keuangan dunia membuat kita berada dalam situasi "terancam" oleh imbas (krisis) secara menyeluruh. Negara tetangga, seperti Australia, Singapura, dan Malaysia sudah melakukan kebijakan tersebut. Ini menyebabkan Indonesia "terpojok" dengan pilihan kebijakan yang masih bisa atau dapat dilakukan.

Kenapa pilihan yang diambil KSSK menyelamatkan Century?

Halaman:
Reporter: Metta Dharmasaputra, Nur Farida Ahniar
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...