Proyek Ambisius Mitsubishi

Image title
Oleh
30 September 2014, 19:15

KATADATA ? Dengan investasi baru Rp 7,2 triliun, Mitsubishi Motor Corp akan membangun pabrik kedua seluas 50 hektar di kawasan industri Deltamas Bekasi, Jawa Barat. Langkah ini dilakukan pabrikan mobil Jepang tersebut guna mengejar para pesaing di pasar otomotif Indonesia yang telah menambah kapasitas produksi lebih awal.

Saat ini, Mitsubishi menduduki peringkat ke-5 sebagai brand otomotif yang menguasai 12% pasar Indonesia. Posisi tiga besar berturut - turut dikuasai oleh Toyota, Daihatsu dan Honda.

Sepanjang tahun 2006 ? 2014, Mitsubishi telah menanam modal hingga US$ 7 miliar. Modal tersebut lebih digunakan untuk menggarap bisnis otomotif di segmen kendaraan niaga. Menurut Duljatmo, Operation General Manager of Mitsubishi Motor Corporation Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, investasi kali ini akan lebih fokus pada segmen mobil penumpang.

Sejumlah merek pesaing, seperti Daihatsu, Nissan dan Honda, mulai memproduksi mobil dari pabrik baru. Daihatsu malah memiliki 5 unit pabrik produksi dan perakitan yang tersebar di Karawang, Jawa Barat dan Sunter, Jakarta dengan total kapasitas 460 ribu unit mobil per tahun.

Sedangkan, Suzuki, Toyota dan Isuzu telah mulai melakukan groundbreaking untuk pembangunan pabrik baru yang ditargetkan selesai pada 2015-2016.

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami