Inflasi Agustus Rendah, Target Inflasi Akhir Tahun Tercapai

Image title
Oleh
1 September 2014, 16:28
Elpiji
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? KATADATA - Inflasi pada Agustus 2014 mencapai 0,47 persen atau lebih rendah dibanding bulan sebelumnya 0,93 persen. Inflasi Agustus ini merupakan yang terendah sejak 8 tahun terakhir.

Rendahnya inflasi ini sesuai dengan prediksi banyak pihak. Hingga akhir tahun, inflasi diperkirakan bisa di bawah 5 persen, atau lebih rendah dibanding 2013 sebesar 8,38 persen.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan rendahnya inflasi Agustus sesuai dengan prediksi BI. Menurut dia, inflasi juga akan tetap rendah hingga Oktober. Namun kemudian meningkat pada November dan akhir tahun. Perry memperkirakan target inflasi pemerintah sebesar 5,3 persen dapat tercapai. Sedangkan target inflasi dari Bank Sentral sebesar 4,5 persen (±1 persen). 

"Kami masih optimis inflasi akhir tahun sekitar 5,3 persen," ujar Perry di Jakarta, Senin, (1/9).

Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan angka inflasi Agustus itu sudah termasuk dampak dari pembatasan kuota bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan PT Pertamina beberapa waktu lalu. Ia memprediksi hingga akhir tahun inflasi bahkan bisa di bawah 5 persen, meski akan ada kenaikan di akhir tahun. Kenaikan tarif listrik juga tidak berpengaruh signifikan terhadap inflasi sebab hal itu bisa ditutupi dengan masuknya musim panen sehingga Oktober inflasi masih rendah.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...