BI Mulai 'Ancam' Pemerintah

Image title
Oleh
1 September 2014, 09:43
gubernur-bi-agus-martowardojo
KATADATA
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ?  Bank Indonesia akan mengambil langkah pengetatan moneter lebih lanjut jika pemerintah tidak bergegas melanjutkan reformasi struktural menjelang kenaikan suku bunga di Amerika Serikat tahun depan.

Gubernur BI Agus Martowardojo menyampaikan harus ada upaya kongkret dari pemerintah untuk memperbaikin fundamental ekonomi Indonesia. BI tidak mungkin mengambil langkah sendirian dengan menerapkan kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran.

Advertisement

Instrumen itu memberi efek terbatas sehingga harus dibarengi dengan bauran kebijakan di sektor riil dan fiskal. Reformasi di sektor riil antara lain mencakup penghiliran, perbaikan infrastruktur, ketahanan pangan, manajemen energi, perizinan dan kegiatan antikorupsi.

"Seandainya kita di sektor riil dan fiskal tidak optimal atau kita tidak bisa membangun confident dari dunia bahwa kita melakukan upaya menjaga fundamental ekonomi kita, itu nanti terpaksa kami harus mengambil langkah lebih berat lagi untuk menjaga stabilitas sistem keuangan," kata Agus seperti dikutip Bisnis Indonesia (1/9).

Reformasi struktural, lanjutnya, mutlak dilakukan di tengah rencana percepatan penaikan suku bunga the Fed hingga lebih dari 100 basis poin pada semester I/2015 dari posisi ultrarendah saat ini 0-0,25 persen.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement