BKPM: Investasi Asing Tumbuh 17 Persen Karena Faktor Musiman

Image title
Oleh
24 Juli 2014, 14:51
Investasi.jpg
KATADATA/

KATADATA ? Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan realisasi investasi pada kuartal II-2014 mencapai Rp 116,2 triliun, tumbuh hingga 16,4 persen, dibandingkan kuartal II-2013 sebesar Rp 99,8 triliun. Pertumbuhan paling tinggi disumbang oleh penanaman modal asing (PMA) yang naik 17 persen, menjadi Rp 78 triliun. Sedangkan pertumbuhan penanaman modal dalam negeri hanya 15,4 persen, menjadi 38,2 triliun.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengatakan kenaikan PMA yang tinggi ini merupakan faktor musiman (seasonal). Seperti, rencana investasi yang memang ditargetkan selesai pada triwulan II. Tren ini sudah terjadi sejak 2010-2014, di mana pada beberapa kuartal tertentu realisasi investasi naik dan turun. 

Advertisement

Dia tidak mau mengaitkan pertumbuhan realisasi investasi dengan pemilihan legislatif ataupun pemilihan presiden.?Berdasarkan angka realisasi selalu tinggi, jadi saya tidak mau simpulkan ada pemilu atau tidak, angka yang tinggi ini berkelanjutan,? ujarnya, saat konferensi pers realisasi investasi, di Gedung BKPM, Kamis (24/7).

Mahendra memperkirakan, besarnya pasar dan tingginya tingkat konsumsi di dalam negeri akan memengaruhi iklim investasi langsung ke depan. Tingginya pertumbuhan pasar ini akibat pertumbuhan kelas menengah yang cukup cepat. Dia juga optimistis hingga akhir tahun ini realisasi investasi akan tumbuh 15 persen dibandingkan tahun lalu.

Secara kumulatif, realisasi investasi proyek penanaman modal pada semester I tahun 2014 mencapai Rp 222,8 triliun, meningkat 15,4 persen dibandingkan semester I-2013. Terdiri dari realisasi investasi PMDN sebesar Rp 72,8 triliun, dan realisasi investasi PMA sebesar Rp 150 triliun.

Sedangkan dari sisi sebaran investasi berdasarkan wilayah pada semester I-2014, masih di dominasi Pulau Jawa sebesar Rp131,1 triliun. Sementara realisasi investasi di luar Pulau Jawa sebesar Rp 91,7 triliun atau naik 41,2 persen. "Realisasi investasi di luar Pulau Jawa ini meningkat sebesar 10,1 persen di banding periode semester I tahun 2013 sebesar Rp88,3 triliun," tutupnya.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement