Ini Pemilik Saham Newmont Nusa Tenggara

Image title
Oleh
7 Juli 2014, 11:12
Newmont_www.ptnnt_.co_.id_2.jpg
www.ptnnt.co.id
www.ptnnt.co.id

KATADATA ? Dalam debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) putaran terakhir, Sabtu (5/7) lalu sempat terlontar pertanyaan tentang kepemilikan saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT).

?Ke mana dan ke siapa saham Freeport dan Newmont tersebut? Dulu milik nasional atau BUMN sekarang tidak lagi, ke siapa larinya,? kata Jusuf Kalla, cawapres yang berpasangan dengan Joko Widodo.  

Sesuai kontrak karya PT NNT dengan pemerintah pada 1986, PT NNT wajib mendivestasikan 31 persen sahamnya. Program divestasi itu dilakukan untuk tahun 2006-2010. Adapun untuk periode divestasi 2006-2009 sebesar 24 persen saham sudah berhasil dilakukan, sedangkan sisa 7 persen program divestasi 2010 belum selesai sampai saat ini.

Kepemilikan 24 persen saham divestasi tersebut dipegang PT Multi Daerah Bersaing (MDB) yang merupakan perusahaan patungan antara PT Multicapital, anak perusahaan PT Bumi Mineral Resources Tbk yang dimiliki Grup Bakrie, dengan PT Daerah Maju Bersaing (DMB). PT DMB merupakan perusahaan milik pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat, pemda Kabupaten Sumbawa Barat, dan pemda Kabupaten Sumbawa.

Di PT Maju Daerah Bersaing, Komposisi saham yang dimiliki pemda sebesar 25 persen, sedangkan 75 persen atau saham mayoritasnya dimiliki PT Multicapital. Dengan demikian, kepemilikan saham pemda di PT NNT hanya 6 persen, sementara PT Multicapital mencapai 18 persen.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...